Senin, 06 Maret 2017

Resep Ikan Tuna Masak Kuah


Kali ini aku mau share resep Ikan Tuna Masak kuah. Resep ini aku dapat dari nyokap. Kalau nyokap biasa menyebutnya ikan tuna santan, karena pakai santan. Namun karena aku bukan santan addict dan cenderung untuk menghindari, maka aku menghilangkan santan dari resep ini. Tapi nanti aku share juga gimana kalau mau menambahkan santan di dalamnya.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Ikan Tuna, potong dadu (atau sesuai selera)
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabai (merah keriting dan rawit, namun untuk yang tidak suka pedas hilangkan cabai rawit)
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Serai
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Garam
  • Air
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  2. Kemudian masukkan cabai, tumis hingga agak layu
  3. Masukkan daun salam, lengkuas serta garam
  4. Masukkan ikan tuna, tumis sebentar
  5. Masukkan air secukupnya 
  6. Masukkan sisa bahan : daun jeruk, jahe, dan serai
  7. Masak hingga air mendidih dan ikan matang
  8. Tes rasa
Note : 
Jika ingin pakai santan, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kunyit. Tumis bumbu yang telah dihaluskan. Setelahnya cara membuatnya sama seperti yang tertulis di atas. Kemudian tambahkan santan setelah semua bahan telah dimasukkan.

Berikut penampakan saat selesai dimasak. Enak dimakan dengan nasi hangat ^^



Happy cooking! Happy tummy!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ikan Tuna Masak Kuah

0 komentar:

Posting Komentar